Jakarta - Operator jalan tol PT Jasa Marga memprediksi arus kendaraan selama natal dan tahun baru akan mengalami peningkatan. Diprediksi periode 23 Desember 2015-3 Januari 2016 mencapai 2,6 juta kendaraan.
"Diproyeksikan meningkat 14,07% dibandingkan periode yang sama di tahun 2014 sebesar 2,3 juta kendaraan," jelas Direktur Jasa Marga, Christantio Prihambodo, Selasa (22/12/2015).
Untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas ini,
Jasa Marga memberikan layanan kepada pengguna ruas tol. Berikut upaya yang dilakukan Jasa Marga:
1. Layanan lalu lintas di Ruas Jalan Tol
- Menyiagakan petugas dan armada layanan lalu lintas (lalin) di ruas-ruas jalan tol yang diprediksi akan mengalami peningkatan volume lalin signifikan
- Rekayasa lalu lintas pada lokasi-lokasi yang diprediksi akan terjadi mengalami peningkatan volume lalin yang signifikan, seperti antara lain Interchange Cikunir, Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, GT Pasteur, GT Ciperna Utama, GT Plumbon, dan GT Ciawi
- Tersedia Tempat Istirahat (TI) yang tersebar di ruas-ruas jalan tol yang dikelola Jasa Marga dengan berbagai macam fasilitas seperti fasilitas ibadah, toilet, tempat makan, pengisian BBM, dan bengkel yang dapat dipergunakan pengguna jalan tol untuk beristirahat
2. Layanan Transaksi di Gerbang Tol
- Menyiagakan petugas-petugas Pengumpul Tol pada gerbang-gerbang tol yang diprediksi akan mengalami peningkatan volume lalin yang signifikan. Pada lokasi-lokasi gerbang tol yang diprediksi mengalami peningkatan voumel lalin akan ditambah dengan petugas jemput transaksi seperti di GT Cikarang Utama, GT Ciawi dan GT Cibubur Utama
3. Layanan Konstruksi
- Menyiapkan satgas yang siaga 24 jam bila terjadi kondisi darurat
4. Layanan Informasi
- Menyiagakan petugas layanan informasi di Jasa Marga Traffic Information Center
- Pemantauan kondisi lalu lintas 24 jam sehari melalui 541 CCTV dan 39 RTMS, dan disampaikan melalui 88 VMS (Variable Message Sign) di seluruh ruas jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga
- Penyediaan akses informasi mengenai kondisi lalu lintas melalui call center di Nomor 14080, dan twitter di @ptjasamarga, serta live streaming melalui http://www.jasamargalive.com
"Kami mengimbau pengguna jalan tol yang akan melakukan perjalanan, memastikan kendaraannya dalam kondisi fit, beristirahat di tempat istirahat (TI) yang disediakan, dan dapat memantau kondisi lalin jalan tol dengan menghubungi Jasa Marga Traffic Information Center di 14080 dan di twitter @ptjasamarga," imbau Christantio Prihambodo.
Sumber berita : http://news.detik.com/berita/3102608/jasa-marga-volume-lalu-lintas-arus-natal-dan-tahun-baru-di-tol-26-juta-kendaraan
Analisa : dari contoh kasus diatas, maka PT Jasa Marga menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi kemacetan tersebut. Jika kita lihat dalam tahap-tahap pengambilan keputusan, berita diatas sudah mencakup semua tahap pengambilan keputusan yang pertama adalah Penemuan masalah. Masalah dari kasus diatas tersebut adalah PT.Jasa Marga memprediksikan kemacetan yang terjadi saat libur natal dan tahun baru. Hal tersebut adalah sebuah masalah yang serius dari tahun ke tahun karena jumlah kendaraan yang meningkat tiap tahunnya. Ini salah satu masalah yang dihadapi PT Jasa marga setiap liburan anak sekolah. Tahap kedua, pemecahan masalah. Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut PT Jasa Marga menyiapkan 4 upaya untuk mengurangi volume peningkatan lalu lintas yang menyebabkan kemacetan. Tahap terakhir, pengambilan keputusan. PT Jasa Marga akan melaksanakan upaya-upaya tersebut
disaat natal dan tahun baru. Selain dapat mengurangi kemacetan yang panjang, dapat juga mengurangi jumlah kecelakaan di ruas jalan tol.
Analisa : dari contoh kasus diatas, maka PT Jasa Marga menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi kemacetan tersebut. Jika kita lihat dalam tahap-tahap pengambilan keputusan, berita diatas sudah mencakup semua tahap pengambilan keputusan yang pertama adalah Penemuan masalah. Masalah dari kasus diatas tersebut adalah PT.Jasa Marga memprediksikan kemacetan yang terjadi saat libur natal dan tahun baru. Hal tersebut adalah sebuah masalah yang serius dari tahun ke tahun karena jumlah kendaraan yang meningkat tiap tahunnya. Ini salah satu masalah yang dihadapi PT Jasa marga setiap liburan anak sekolah. Tahap kedua, pemecahan masalah. Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut PT Jasa Marga menyiapkan 4 upaya untuk mengurangi volume peningkatan lalu lintas yang menyebabkan kemacetan. Tahap terakhir, pengambilan keputusan. PT Jasa Marga akan melaksanakan upaya-upaya tersebut
disaat natal dan tahun baru. Selain dapat mengurangi kemacetan yang panjang, dapat juga mengurangi jumlah kecelakaan di ruas jalan tol.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar