ANIMASI
SEJARAH ANIMASI
Animasi
berusia sangat tua yang ditemukan berasal dari rangkaian gerak dalam bentuk
gambar pada berbagai artefak saat jaman Mesir Kuno. Manusia sekitar 2000 tahun
SM sudah mulai membuat ilustrasi gerakan yang kemudian dikembangkan menjadi
animasi.
Kata ‘animasi’ itu sendiri berasal dari kata
‘animation’, yang mempunyai dari kata dasar ‘to animate’. Secara umum, animasi
merupakan suatu kegiatan menghidupkan, menggerakkan benda mati; Suatu benda
mati diberikan dorongan kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup dan
bergerak, atau hanya berkesan hidup
Orang
Mesir kuno menghidupkan gambar dengan urutan gambar-gambar para pegulat yang
sedang bergumul, digunakan untuk dekorasi dinding. Dibuat sekitar tahun 2000
sebelum Masehi (Thomas 1958:8) Lukisan Jepang kuno memperlihatkan suatu alur
cerita yang hidup, dengan menggelarkan gulungan lukisan, dibuat pada masa
Heian(794-1192) (ensiklopedi ‘ Americana ‘ volume 19, 1976). Kemudian muncul
mainan yang disebut Thaumatrope sekitar abad ke 19 di Eropa, berupa lembaran
cakram karton tebal, bergambar burung dalam sangkar, yang kedua sisi kiri
kanannya diikat seutas talii bila dipilin dengan tangan akan memberikan santir
gambar burung itu bergerak (Laybourne 1978:18). Hingga pada tahun 1880-an, Jean
Marey menggunakan alat potret beruntun merekam secara terus menerus gerak
terbang burung, berbagai kegiatan manusia dan binatang lainnya. Sebuah alat
yang menjadi cikal bakal kamera film hidup yang berkembang sampai saat ini.
Pada
tahun 1892, Emile Reynauld mengembangkan mainan berupa gambar animasi yang
disebut Praxinoscope, yang merupakan rangkaian ratusan gambar animasi yang
diputar dan diproyeksikan pada sebuah cermin menjadi suatu gerak film, sebuah
alat cikal bakal proyektor pada bioskop (Laybourne 1978:23). Kedua pemula
pembuat film bioskop, berasal dari Perancis ini.dianggap sebagai pembuka awal
dari perkembangan teknik film animasi(Ensiklopedi’.Americana’vol.VI,1976:740)
Sampai akhirnya Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes menemukan pola
penglihatan mata, lahirlah dunia animasi yang sampai sekarang mampu melahirkan
berbagai keajaiban bagi para pemirsanya. Menghadirkan adegan adegan lucu dalam
tradisional cell animation, hingga special effect dahsyat dalam Computer
Graphics Animation yang dilahirkan studio-studio besar Hollywood. Sejak
menyadari bahwa gambar bisa dipakai sebagai alternatif media komunikasi, timbul
keinginan menghidupkan lambanglambang tersebut menjadi cermin ekspresi
kebudayaan.
Dalam
salah satu ilustrasi Leonardo da Vinci yang terkenal, dilukiskan anggota tubuh
manusia dalam berbagai posisi. Seorang artis Italy Gioto, juga melukiskan
malaikat dalam posisi terbang dengan repitisi gerakan. Animasi sendiri tidak
akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari karakter mata
manusia yaitu: persistance of vision ( pola penglihatan yang teratur ). Paul
Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan optic yang
mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap
urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai suatu pola. Dalam
perkembangannya animasi secara umum bisa didefinisikan sebagai: Suatu sequence
gambar yang diekspos pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta sebuah
ilusi gambar bergerak.
Jenis-Jenis Animasi
Animasi yang dulunya mempunyai prinsip yang sederhana, sekarang
telah berkembang menjadi beberapa jenis. Dan berikut adalah sedikit ulasan dari
jenis animasi.
A.
Animasi 2D (2 Dimensi)
Animasi
merupakan suatu hal yang sering kita lihat dalam keseharian. Biasanya disebut
film kartun. Kartun berasal dari kata “Cartoon”, yang berarti gambar
yang lucu. Film kartun sebagian besar merupakan film yang lucu. Baik yang di TV
maupun di Bioskop. Misalnya: Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby
Doo, Doraemon, Mulan, Lion King, Brother Bear, Spirit, dan banyak lagi. Meski
yang terkenal kebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak
animasi kartun.
Contoh
film:
Film Scooby Doo ini menceritakan tentang seekor anjing Great
Dane bernama Scooby yang di temani oleh empat orang remaja yang bernama Shaggy
Rogers, Freddie Jones, Daphne Ann Blake dan Velma Dinkley.
Scooby adalah tokoh seekor anjing yang sangatlah penakut, begitu juga dengan Shaggy, tetapi diantara mereka, Fred, Daphne dan Velma adalah karakter yang pemberani, itu sebabnya jika Scooby dan Shaggy sedang ketakutan, mereka selalu memberitahukan kepada ketiga orang pemberani tersebut.
Scooby adalah tokoh seekor anjing yang sangatlah penakut, begitu juga dengan Shaggy, tetapi diantara mereka, Fred, Daphne dan Velma adalah karakter yang pemberani, itu sebabnya jika Scooby dan Shaggy sedang ketakutan, mereka selalu memberitahukan kepada ketiga orang pemberani tersebut.
B.
Animasi 3D (3 Dimensi)
Seiring
dengan berkembangnya teknologi dan komputer saat ini maka berdampak juga
terhadap teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang pesat. Animasi 3D
merupakan pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter akan
terlihat semakin hidup dan nyata, mirip dengan makhluk hidup seperti manusia.
Sejak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio) terbitlah film-film yang sejenis seperti Bugs Life, AntZ,
Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga Finding Nemo, The
Incredible, Shark Tale. Cars, Valian. Semua itu biasa juga disebut dengan
animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).
Contoh
film :
Film
finding nemo ini menceritakan tentang seorang penyelam yang tidak sengaja
menemukan nemo yang kemudian di peliharaoleh seorang dokter gigi. Nemo adalah
jenis ikan clowfish, yang berbentuk mungil dan keren. Warnanya, selang seling
orange dan putih, mungkin karena itulah disebut ikan badut.
Nemo melanggar himbauan ayahnya, untuk tidak bermain terlalu jauh. Nemo yang memiliki rasa ingin tahu dan gengsi tinggi merasa sebal karena dianggap “anak bawang“ oleh ayahnya. Untuk membuktikan bahwa ia anak yang pemberani, ia nekat mendekati sebuah boat, akhirnya Nemo tertangkap. Mulailah pada saat itu juga, Merlin berencana untuk menemukan Nemo, hingga ditengah perjalanan ia bertemu dengan Dory seekor ikan betina berjenis Regal Blue Tang, yang berbaik hati membantu Merlin mencari Nemo. Dory memang ikan yang baik, namun sedikit ceroboh, cerewet, sok tahu dan pelupa. Namun, keberadaan Dory sangat membantu Merlin, terlebih Dory mampu membaca, hingga mereka tahu tujuan mereka mencari Nemo, yakni ke Sydney.
Nemo melanggar himbauan ayahnya, untuk tidak bermain terlalu jauh. Nemo yang memiliki rasa ingin tahu dan gengsi tinggi merasa sebal karena dianggap “anak bawang“ oleh ayahnya. Untuk membuktikan bahwa ia anak yang pemberani, ia nekat mendekati sebuah boat, akhirnya Nemo tertangkap. Mulailah pada saat itu juga, Merlin berencana untuk menemukan Nemo, hingga ditengah perjalanan ia bertemu dengan Dory seekor ikan betina berjenis Regal Blue Tang, yang berbaik hati membantu Merlin mencari Nemo. Dory memang ikan yang baik, namun sedikit ceroboh, cerewet, sok tahu dan pelupa. Namun, keberadaan Dory sangat membantu Merlin, terlebih Dory mampu membaca, hingga mereka tahu tujuan mereka mencari Nemo, yakni ke Sydney.
C.
Stop_Motion Animation
Animasi
ini juga dikenali sebagai claymation karena animasi ini menggunakan clay (tanah
liat) sebagai objek yang di gerakkan. Pertama kali teknik ini dikenalkan oleh
Stuart Blakton pada tahun 1906. Seringkali digunakan dalam menghasilkan visual
effect bagi filem-filem era tahun 50an dan 60an. Film Animasi Clay Pertama
dirilis bulan Februari 1908 berjudul, A Sculptors Welsh Rarebit Nightmare.
Untuk beberapa waktu yang lalu juga, beredar film clay yang berjudul Chicken
Run. Jenis ini yang paling jarang kita dengar dan temukan diantara jenis
lainnya. Meski namanya clay (tanah liat), yang dipakai bukanlah tanah liat
biasa. Animasi ini memakai plasticin, bahan lentur seperti permen karet yang
ditemukan pada tahun 1897. Tokoh-tokoh dalam animasi Clay dibuat dengan memakai
rangka khusus untuk kerangka tubuhnya, lalu kerangka tersebut ditutup dengan
plasficine sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian tubuh kerangka
ini, seperti kepala, tangan, kaki, disa dilepas dan dipasang lagi. Setelah
tokoh-tokohnya siap, lalu difoto gerakan per gerakan. Foto-foto tersebut lalu
digabung menjadi gambar yang bisa bergerak seperti yang kita tonton di film.
Animasi ini agak sukar untuk dihasilkan dan memerlukan kos yang tinggi.
Contoh
film :
Chicken
Run menceritakan kisah
sekelompok
ayam yang berusaha melarikan
D.
Animasi Jepang (Anime)
Jepang
ikut menciptakan animasi juga. Negara Jepang banyak memproduksi anime (animasi
Jepang).Animasi Jepang tidak diperuntukan hanya untuk anak-anak saja tetapi
juga diciptakan untuk orang dewasa. Dr. Osamu Tezuka menciptakan Tetsuwan Atom
atau lebih dikenal dengan Astro Boy.
Contoh
film:
Film
ini menceritakan tentang usaha ninja jahat dalam
membangkitkan Mouryou, roh jahat yang telah
dikalahkan
20 tahun yang lalu.
Jenis-jenis Animasi berdasarkan
teknik pembuatannya
1. Animasi cel
Animasi jenis ini
adalah animasi yang berusia sangat lama dan sangat terkenal. Kata “cel” berasal
dari kata “celluloid” yang berarti materi yang digunakan untuk membuat film
gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi. Saat ini film diciptakan dari
asetat(acetate) dan digambarkan menggunakan tangan(hand-drawn animation). Pada
umumnya, Animation cel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi
tunggal. Dari masing-masing sel yang merupakan bagian terpisah, seperti antara obyek dengan latar
belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri. Lembaran-lembaran ini memungkinkan animator untuk memisahkan
dan menggambar kembali bagian-bagian gambar yang berubah antara frame yang
berurutan. Sebuah frame terdiri dari sel latar belakang dan sel di atasnya. Contohnya, seorang
animator akan membuat animasi orang berjalan, maka langkah pertama dia akan
menggambar latar belakang, kemudian karakter yang akan berjalan di lembar
berikutnya, selanjutnya membuat membuat karakter ketika kaki
diangkat dan akhirnya membuat karakter kaki dilangkahkan. Di antara
lembaran-lembaran (frame-frame) dapat disipi efek animasi agar karakter
berjalan itu mulus. Frame-frame yang digunakan untuk menyisipi celah-celah
tersebut disebut keyframe. Selain dengan keyframe proses dan terminology
animasi sel dengan layering dan tweening dapat dibuat dengan animasi computer.
Contoh animasi
cel
2. Animasi frame
Animasi
jenis ini adalah animasi paling sederhana, dimana animasinya diperoleh dari
rangkaian gambar yang bergantian ditunjukan, dalam pergantian gambar ini diukur
dalam satuan fps (frame per second). Contoh animasi ini adalah pada saat kita
membuat rangkaian gambar yang berbeda pada tepian sebuah buku, kemudian kita
buka buku tersebut sedemikian rupa menggunakan ibu jari, maka gambar akan
terlihat bergerak. Dalam Macromedia Flash, animasi ini dapat dibuat dengan
teknik animasi keyframe, teknik ini sering digunakan untuk memperoleh animasi
objek yang tidak bisa didapatkan dengan teknik animasi tween, teknik animasi
path dan teknik animasi script.
Contoh animasi
frame
3. Animasi sprite
Animasi
sprite ini yang menjadikan objek “sprite” yang dapat bergerak secara individual
dimana objek yang lainnya hanya sebagai background atau latar
belakang yang tidak bergerak. Prosesnya adalah mebuat gambar sprite
dengan latar belakang warna hitam, lalu dibuat juga sprite yang sama
tetapi berwarna hitam dan latar belakangnya adalah warna
tertinggi, kemudian ditempatkan dengan pertama-tama
menyimpan background yang akan ditimpa oleh sprite
dan ditempatkan sprite dengan Xor dan ditimpa dengan warna tertinggi
secara Xor. Animasi sprite memiliki perbedaan dengan animasi cell dan animasi
frame, setiap objek dalam animasi sprite bergerak tidak dalam waktu bersamaan
namun memiliki fps atau frame per detik yang berbeda dan bila ingin di
edit maka harus dilakukan pada masing-masing objek sprite tersebut. Contoh
animasi dengan tipe objek sprite ini adalah membuat simulasi tata surya dimana
latar belakangnya tidak bergerak. Hanya planet-planet saja yang bergerak.
4. Animasi path
Animasi
path merupakan animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang
sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta api yang
bergerak mengikuti lintasan rel. Pada umumnya dalam animasi path diberi
perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi
tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini diperoleh dengan teknik
animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan
sebagai lintasan gerakan objek.
Contoh animasi path
5. Animasi spline
Animasi Spline adalah
representasi matematis dari kurva. Pada umumnya, Objek bergerak tidak mengikuti
garis lurus, seperti bentuk kurva, program animasi komputer memungkinkan untuk
membuat animasi spline dengan lintasan gerak berbentuk kurva. Untuk mendefinisikan animasi spline, posisi pertama Anda pada
sebuah titik pijak. Kurva itu sendiri melewati titik pijak. Titik pijak
mendefinisikan awal dan akhir titik dari bagian kurva yang berbeda.
Masing-masing titik pijak dapat dikendalikan sehingga memungkinkan Anda untuk
mengubah bentuk kurva antara dua titik pijak. Sebagian besar program animasi memungkinkan Anda untuk
membuat variasi gerakan sepanjang lintasan. Jika sebuah lintasan gerakan
mempunyai belokan tajam, sebagai contoh sebuah obyek bergerak pelan mengikuti
belokan dan kemudian meningkatkan kecepatannya setelah melewati belokan.
Beberapa program menyediakan pengontrol kecepatan sprite sepanjang lintasan
secara canggih.
Contoh animasi
spline
6. Animasi vektor
Animasi vektor serupa Artikel Baru animasi sprite. pada animasi sprite menggunakan
bitmap untuk sprite, animasi vektor menggunakan rumus
matematika untuk menggambarkan objeknya. Rumus
inisial serupa Artikel Baru Yang rumus menggambarkan kurva spline. Animasi
vektor menjadikan objek Bergerak Artikel Baru SIBOR memvariasikan parameter
Ujung-Pangkal, arah Dan Panjang pada segmen-segmen Garis Yang menentukan objek.Setiap objek dalam
animasi vektor bergerak secara mandiri dengan latar belakang yang diam (hampir
sama dengan animasi sprite).
Contoh animasi
vektor
7. Animasi clay
Teknik
animasi Stop Motion /Clay Motion dalam pengerjaannya menggunakan clay.
Animasi dibuat dengan menggerakkan objek atau model dari boneka ataupun
bahan elastis yang terbuat dari clay / tanah liat atau tanah liat sintetis.
Obyek digerakkan sedikit demi sedikit dan kemudian diambil gambarnya satu per
satu. Setelah diedit dan disusun, Apabila rol film dijalankan, akan memberikan
efek seolah-olah boneka atau model tersebut bergerak. Teknik animasi ini
sebenarnya termasuk animasi klasik, namun karena teknik pembuatannya memerlukan
kesabaran dan ketekunan yang tinggi, tidak banyak animator yang memilih membuat
animasi dengan teknik ini.
Contoh animasi
clay
8. Animasi karakter
Animasi
karakter biasanya digunakan dalam film kartun berbasis 3 dimensi, oleh karena
itu ada juga yang menyebutnya sebagai animasi 3D. Pada animasi ini setiap karakter
memiliki ciri dan gerakan yang berbeda tetapi bergerak secara bersamaan. Dalam
pengerjaannya, animasi jenis ini sangat mengandalkan komputer, hanya pada
permulaan saja menggunakan teknik manual, yaitu pada saat pembuatan sketsa
model atau model patung yang nantinya di-scan dengan scanner biasa atau 3D
Scanner. Setelah itu proses pembuatan objek dilakukan di komputer menggunakan
perangkat lunak 3D modelling and animation, seperti Maya Unlimited, 3ds max dan
lain sebagainya. Setelah itu dilakukan editting video, penambahan spesial efek
dan sulih suara menggunakan perangkat lunak terpisah. Bahkan ada beberapa
animasi dengan teknik ini yang menggunakan alam nyata sebagai latar cerita
animasi tersebut.
Contoh animasi
karakter
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar