Sabtu, 04 Maret 2017

Tugas 1 : Peng. Animasi & Desain Grafis#

ANIMASI

SEJARAH ANIMASI
Animasi berusia sangat tua yang ditemukan berasal dari rangkaian gerak dalam bentuk gambar pada berbagai artefak saat jaman Mesir Kuno. Manusia sekitar 2000 tahun SM sudah mulai membuat ilustrasi gerakan yang kemudian dikembangkan menjadi animasi.
 Kata ‘animasi’ itu sendiri berasal dari kata ‘animation’, yang mempunyai dari kata dasar ‘to animate’. Secara umum, animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan, menggerakkan benda mati; Suatu benda mati diberikan dorongan kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup dan bergerak, atau hanya berkesan hidup
Orang Mesir kuno menghidupkan gambar dengan urutan gambar-gambar para pegulat yang sedang bergumul, digunakan untuk dekorasi dinding. Dibuat sekitar tahun 2000 sebelum Masehi (Thomas 1958:8) Lukisan Jepang kuno memperlihatkan suatu alur cerita yang hidup, dengan menggelarkan gulungan lukisan, dibuat pada masa Heian(794-1192) (ensiklopedi ‘ Americana ‘ volume 19, 1976). Kemudian muncul mainan yang disebut Thaumatrope sekitar abad ke 19 di Eropa, berupa lembaran cakram karton tebal, bergambar burung dalam sangkar, yang kedua sisi kiri kanannya diikat seutas talii bila dipilin dengan tangan akan memberikan santir gambar burung itu bergerak (Laybourne 1978:18). Hingga pada tahun 1880-an, Jean Marey menggunakan alat potret beruntun merekam secara terus menerus gerak terbang burung, berbagai kegiatan manusia dan binatang lainnya. Sebuah alat yang menjadi cikal bakal kamera film hidup yang berkembang sampai saat ini.
Pada tahun 1892, Emile Reynauld mengembangkan mainan berupa gambar animasi yang disebut Praxinoscope, yang merupakan rangkaian ratusan gambar animasi yang diputar dan diproyeksikan pada sebuah cermin menjadi suatu gerak film, sebuah alat cikal bakal proyektor pada bioskop (Laybourne 1978:23). Kedua pemula pembuat film bioskop, berasal dari Perancis ini.dianggap sebagai pembuka awal dari perkembangan teknik film animasi(Ensiklopedi’.Americana’vol.VI,1976:740) Sampai akhirnya Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes menemukan pola penglihatan mata, lahirlah dunia animasi yang sampai sekarang mampu melahirkan berbagai keajaiban bagi para pemirsanya. Menghadirkan adegan adegan lucu dalam tradisional cell animation, hingga special effect dahsyat dalam Computer Graphics Animation yang dilahirkan studio-studio besar Hollywood. Sejak menyadari bahwa gambar bisa dipakai sebagai alternatif media komunikasi, timbul keinginan menghidupkan lambanglambang tersebut menjadi cermin ekspresi kebudayaan.

Dalam salah satu ilustrasi Leonardo da Vinci yang terkenal, dilukiskan anggota tubuh manusia dalam berbagai posisi. Seorang artis Italy Gioto, juga melukiskan malaikat dalam posisi terbang dengan repitisi gerakan. Animasi sendiri tidak akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari karakter mata manusia yaitu: persistance of vision ( pola penglihatan yang teratur ). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan optic yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai suatu pola. Dalam perkembangannya animasi secara umum bisa didefinisikan sebagai: Suatu sequence gambar yang diekspos pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.


Jenis-Jenis Animasi
Animasi yang dulunya mempunyai prinsip yang sederhana, sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis. Dan berikut adalah sedikit ulasan dari jenis animasi.
A.    Animasi 2D (2 Dimensi)
Animasi merupakan suatu hal yang sering kita lihat dalam keseharian. Biasanya disebut film kartun. Kartun berasal dari kata “Cartoon”, yang berarti gambar yang lucu. Film kartun sebagian besar merupakan film yang lucu. Baik yang di TV maupun di Bioskop. Misalnya: Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby Doo, Doraemon, Mulan, Lion King, Brother Bear, Spirit, dan banyak lagi. Meski yang terkenal kebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun.


Contoh film:
Film Scooby Doo ini menceritakan tentang seekor anjing Great Dane bernama Scooby yang di temani oleh empat orang remaja yang bernama Shaggy Rogers, Freddie Jones, Daphne Ann Blake dan Velma Dinkley.
Scooby adalah tokoh seekor anjing yang sangatlah penakut, begitu juga dengan Shaggy, tetapi diantara mereka, Fred, Daphne dan Velma adalah karakter yang pemberani, itu sebabnya jika Scooby dan Shaggy sedang ketakutan, mereka selalu memberitahukan kepada ketiga orang pemberani tersebut.


B.    Animasi 3D (3 Dimensi)
Seiring dengan berkembangnya teknologi dan komputer saat ini maka berdampak juga terhadap teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang pesat. Animasi 3D merupakan pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter akan terlihat semakin hidup dan nyata, mirip dengan makhluk hidup seperti manusia. Sejak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio) terbitlah film-film  yang sejenis seperti Bugs Life, AntZ, Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars, Valian. Semua itu biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).

Contoh film :
Film finding nemo ini menceritakan tentang seorang penyelam yang tidak sengaja menemukan nemo yang kemudian di peliharaoleh seorang dokter gigi. Nemo adalah jenis ikan clowfish, yang berbentuk mungil dan keren. Warnanya, selang seling orange dan putih, mungkin karena itulah disebut ikan badut. 
Nemo melanggar himbauan ayahnya, untuk tidak bermain terlalu jauh. Nemo yang memiliki rasa ingin tahu dan gengsi tinggi merasa sebal karena dianggap “anak bawang“ oleh ayahnya. Untuk membuktikan bahwa ia anak yang pemberani, ia nekat mendekati sebuah boat, akhirnya Nemo tertangkap. Mulailah pada saat itu juga, Merlin berencana untuk menemukan Nemo, hingga ditengah perjalanan ia bertemu dengan Dory seekor ikan betina berjenis Regal Blue Tang, yang berbaik hati membantu Merlin mencari Nemo. Dory memang ikan yang baik, namun sedikit ceroboh, cerewet, sok tahu dan pelupa. Namun, keberadaan Dory sangat membantu Merlin, terlebih Dory mampu membaca, hingga mereka tahu tujuan mereka mencari Nemo, yakni ke Sydney. 

C.    Stop_Motion Animation
Animasi ini juga dikenali sebagai claymation karena animasi ini menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang di gerakkan. Pertama kali teknik ini dikenalkan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906. Seringkali digunakan dalam menghasilkan visual effect bagi filem-filem era tahun 50an dan 60an. Film Animasi Clay Pertama dirilis bulan Februari 1908 berjudul, A Sculptors Welsh Rarebit Nightmare. Untuk beberapa waktu yang lalu juga, beredar film clay yang berjudul Chicken Run. Jenis ini yang paling jarang kita dengar dan temukan diantara jenis lainnya. Meski namanya clay (tanah liat), yang dipakai bukanlah tanah liat biasa. Animasi ini memakai plasticin, bahan lentur seperti permen karet yang ditemukan pada tahun 1897. Tokoh-tokoh dalam animasi Clay dibuat dengan memakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnya, lalu kerangka tersebut ditutup dengan plasficine sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian tubuh kerangka ini, seperti kepala, tangan, kaki, disa dilepas dan dipasang lagi. Setelah tokoh-tokohnya siap, lalu difoto gerakan per gerakan. Foto-foto tersebut lalu digabung menjadi gambar yang bisa bergerak seperti yang kita tonton di film. Animasi ini agak sukar untuk dihasilkan dan memerlukan kos yang tinggi.

Contoh film :
Chicken Run menceritakan kisah
sekelompok ayam yang berusaha melarikan
diri sebelum pemilik mereka, Mr. Tweedy dan istrinya, menjadikan mereka pai ayam.

D.    Animasi Jepang (Anime)
Jepang ikut menciptakan animasi juga. Negara Jepang banyak memproduksi anime (animasi Jepang).Animasi Jepang tidak diperuntukan hanya untuk anak-anak saja tetapi juga diciptakan untuk orang dewasa. Dr. Osamu Tezuka menciptakan Tetsuwan Atom atau lebih dikenal dengan Astro Boy.


Contoh film:
Film ini menceritakan tentang usaha ninja jahat dalam
 membangkitkan Mouryou, roh jahat yang telah
dikalahkan 20 tahun yang lalu.


Jenis-jenis Animasi berdasarkan teknik pembuatannya

1.      Animasi cel

Animasi jenis ini adalah animasi yang berusia sangat lama dan sangat terkenal. Kata “cel” berasal dari kata “celluloid” yang berarti materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi. Saat ini film diciptakan dari asetat(acetate) dan digambarkan menggunakan tangan(hand-drawn animation). Pada umumnya, Animation cel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal. Dari masing-masing sel yang merupakan bagian  terpisah, seperti antara obyek dengan latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri. Lembaran-lembaran ini memungkinkan animator untuk memisahkan dan menggambar kembali bagian-bagian gambar yang berubah antara frame yang berurutan. Sebuah frame terdiri dari sel latar belakang dan sel di atasnya. Contohnya, seorang animator akan membuat animasi orang berjalan, maka langkah pertama dia akan menggambar latar belakang, kemudian karakter yang akan berjalan di lembar berikutnya, selanjutnya membuat membuat karakter ketika kaki diangkat dan akhirnya membuat karakter kaki dilangkahkan. Di antara lembaran-lembaran (frame-frame) dapat disipi efek animasi agar karakter berjalan itu mulus. Frame-frame yang digunakan untuk menyisipi celah-celah tersebut disebut keyframe. Selain dengan keyframe proses dan terminology animasi sel dengan layering dan tweening dapat dibuat dengan animasi computer.

Contoh animasi cel


2.      Animasi frame
Animasi jenis ini adalah animasi paling sederhana, dimana animasinya diperoleh dari rangkaian gambar yang bergantian ditunjukan, dalam pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second). Contoh animasi ini adalah pada saat kita membuat rangkaian gambar yang berbeda pada tepian sebuah buku, kemudian kita buka buku tersebut sedemikian rupa menggunakan ibu jari, maka gambar akan terlihat bergerak. Dalam Macromedia Flash, animasi ini dapat dibuat dengan teknik animasi keyframe, teknik ini sering digunakan untuk memperoleh animasi objek yang tidak bisa didapatkan dengan teknik animasi tween, teknik animasi path dan teknik animasi script.
Contoh animasi frame



3.      Animasi sprite
Animasi sprite ini yang menjadikan objek “sprite” yang dapat bergerak secara individual dimana objek yang lainnya hanya sebagai background atau latar belakang yang  tidak bergerak. Prosesnya adalah mebuat gambar sprite dengan latar belakang warna hitam, lalu dibuat juga sprite yang sama tetapi berwarna hitam dan latar belakangnya adalah warna tertinggi, kemudian ditempatkan dengan pertama-tama menyimpan background yang akan ditimpa oleh sprite dan ditempatkan sprite dengan Xor dan ditimpa dengan warna tertinggi secara Xor. Animasi sprite memiliki perbedaan dengan animasi cell dan animasi frame, setiap objek dalam animasi sprite bergerak tidak dalam waktu bersamaan namun memiliki fps atau frame per detik yang berbeda dan bila ingin di edit maka harus dilakukan pada masing-masing objek sprite tersebut. Contoh animasi dengan tipe objek sprite ini adalah membuat simulasi tata surya dimana latar belakangnya tidak bergerak. Hanya planet-planet saja yang bergerak.
4.      Animasi path
Animasi path merupakan animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Pada umumnya dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini diperoleh dengan teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek.

Contoh animasi path


5.      Animasi spline
Animasi Spline adalah representasi matematis dari kurva. Pada umumnya, Objek bergerak tidak mengikuti garis lurus, seperti bentuk kurva, program animasi komputer memungkinkan untuk membuat animasi spline dengan lintasan gerak berbentuk kurva. Untuk mendefinisikan animasi spline, posisi pertama Anda pada sebuah titik pijak. Kurva itu sendiri melewati titik pijak. Titik pijak mendefinisikan awal dan akhir titik dari bagian kurva yang berbeda. Masing-masing titik pijak dapat dikendalikan sehingga memungkinkan Anda untuk mengubah bentuk kurva antara dua titik pijak. Sebagian besar program animasi memungkinkan Anda untuk membuat variasi gerakan sepanjang lintasan. Jika sebuah lintasan gerakan mempunyai belokan tajam, sebagai contoh sebuah obyek bergerak pelan mengikuti belokan dan kemudian meningkatkan kecepatannya setelah melewati belokan. Beberapa program menyediakan pengontrol kecepatan sprite sepanjang lintasan secara canggih.
Contoh animasi spline




6.      Animasi vektor
Animasi vektor serupa Artikel Baru animasi sprite. pada animasi sprite menggunakan bitmap untuk sprite, animasi vektor  menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan objeknya. Rumus inisial serupa Artikel Baru Yang rumus menggambarkan kurva spline. Animasi vektor menjadikan objek Bergerak Artikel Baru SIBOR memvariasikan parameter Ujung-Pangkal, arah Dan Panjang pada segmen-segmen Garis Yang menentukan objek.Setiap objek dalam animasi vektor bergerak secara mandiri dengan latar belakang yang diam (hampir sama dengan animasi sprite).
Contoh animasi vektor

7.      Animasi clay
Teknik animasi Stop Motion /Clay Motion dalam pengerjaannya  menggunakan clay.  Animasi dibuat dengan menggerakkan objek atau model dari boneka ataupun bahan elastis yang terbuat dari clay / tanah liat atau tanah liat sintetis. Obyek digerakkan sedikit demi sedikit dan kemudian diambil gambarnya satu per satu. Setelah diedit dan disusun, Apabila rol film dijalankan, akan memberikan efek seolah-olah boneka atau model tersebut bergerak. Teknik animasi ini sebenarnya termasuk animasi klasik, namun karena teknik pembuatannya memerlukan kesabaran dan ketekunan yang tinggi, tidak banyak animator yang memilih membuat animasi dengan teknik ini.
Contoh animasi clay

8.      Animasi karakter
Animasi karakter biasanya digunakan dalam film kartun berbasis 3 dimensi, oleh karena itu ada juga yang menyebutnya sebagai animasi 3D. Pada animasi ini setiap karakter memiliki ciri dan gerakan yang berbeda tetapi bergerak secara bersamaan. Dalam pengerjaannya, animasi jenis ini sangat mengandalkan komputer, hanya pada permulaan saja menggunakan teknik manual, yaitu pada saat pembuatan sketsa model atau model patung yang nantinya di-scan dengan scanner biasa atau 3D Scanner. Setelah itu proses pembuatan objek dilakukan di komputer menggunakan perangkat lunak 3D modelling and animation, seperti Maya Unlimited, 3ds max dan lain sebagainya. Setelah itu dilakukan editting video, penambahan spesial efek dan sulih suara menggunakan perangkat lunak terpisah. Bahkan ada beberapa animasi dengan teknik ini yang menggunakan alam nyata sebagai latar cerita animasi tersebut.
Contoh animasi karakter


Sumber :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar