Pengertian
OPENGL
OpenGL
(Open Graphics Library) adalah sebuah program aplikasi interface yang digunakan
untuk mendefinisikan komputer grafis 2D dan 3D. Program lintas-platform API ini
umumnya dianggap ketetapan standar dalam industri komputer dalam interaksi
dengan komputer grafis 2D dan juga telah menjadi alat yang biasa untuk
digunakan dengan grafis 3D. Singkatnya, Open Graphics Library, OpenGL
menghilangkan kebutuhan untuk pemrogram untuk menulis ulang bagian grafis dari
sistem operasi setiap kali sebuah bisnis akan diupgrade ke versi baru dari
sistem.
Fungsi dasar dari OpenGL adalah untuk mengeluarkan koleksi perintah khusus
atau executable ke sistem operasi. Dengan demikian, program ini bekerja dengan
perangkat keras grafis yang ada yang berada pada hard drive atau sumber
tertentu lainnya. Setiap perintah dalam dirancang untuk melakukan tindakan
tertentu, atau memulai efek khusus tertentu yang terkait dengan grafis.
Library yang Berhubungan dengan OpenGL
OpenGL menyediakan set perintah untuk menggambar dan semua
penggambaran yang lebih tinggi tingkatnya harus dilakukan dengan mengambil
fungsi dasar dari perintah ini. Maka dari itu dapat dibuat library itu sendiri
di atas program OpenGL yang mempermudah pemrograman lebih lanjut. Fungsi asli
dari OpenGL sendiri selalu diawali dengan gl yang terdapat pada library
opengl32.dll dan file header gl.h. Sedangkan beberapa library yang telah
ditulis untuk menyediakan fungsi-fungsi tambahan pada OpenGL adalah :
1. OpenGL
Utility Library (GLU) yang didalamnya terdapat sejumlah rutin yang menggunakan
level bawah dari perintah OpenGL. Rutin-rutin ini mempunyai awalan glu. Library
ini digunakan sebagai bagian dari implementasi OpenGL.
2. OpenGL
Extension untuk X-Windows yang menyediakan fungsi untuk menciptakan OpenGL
context dan mengasosiasikannya dengan mesin yang menggunakan XWindows.
Rutin-rutin ini mempunyai awalan glx.
3.
Auxiliary
atau aux library terdapat pada library glaux.lib dan file header glaux.h.
Perintah yang akan digunakan selalu menggunakan awalan aux.
4. OpenGL
Utility Toolkit (GLUT) adalah toolkit untuk sistem windows yang ditulis oleh
Mark Kilgard untuk menyembunyikan perintah API sistem windows yang kompleks.
Untuk pembuatan garis vertikal, horizontal dan diagonal anda
dapat mendownloadnya disini..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar