TIPE PENYEDIA LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI (IT SERVICE PROVIDER TYPES)
Hal ini penting untuk mengenali bahwa ada berbagai jenis penyedia layanan teknologi informasi, dan meskipun semua memiliki hal-hal kesamaan dalam layanan manajemen, ada aspek-aspek yang unik,
misalnya mereka mengenai hubungan komersial dengan pelanggan dan bisnis yang disajikan oleh penyedia.
Dalam
prakteknya, ada variasi besar dalam jenis penyedia layanan teknologi informasi.
Berbagai penyedia ditandai oleh hubungan mereka dengan pelanggan dan posisi mereka dalam
hubungannya dengan bisnis atau bisnis layanan mereka. Hal
ini berguna untuk menyederhanakan kompleksitas dan mengidentifikasi sejumlah kecil yang mewakili berbagai jenis penyedia lebih luas di
pasaran. Penyederhanaan ini mengarah ke tiga jenis:
* Tipe I-Internal Service Provider :
ini adalah unit teknologi informasi rumah biasanya
diposisikan dalam unit bisnis yang mereka layani, meskipun umumnya ini lebih
kecil dari skala unit teknologi informasi untuk dikonsolidasikan ke Departemen teknologi
informasi perusahaan yang harus menyeimbangkan kepentingan, tuntutan dan prioritas perusahaan
organisasi terhadap unit bisnis individu.
Manfaat dari Internal Service Provider :
·Memiliki tipe I penyedia layanan adalah seperti memiliki dedikasi VIP+ dukungan tingkat, tapi untuk seluruh bisnis unit.
· Tipe I penyedia layanan personil sangat akrab dengan proses bisnis, organisasi internal dan struktur dan kebutuhan bisnis BU.
· Layanan yang disediakan oleh jenis saya penyedia layanan custom disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik Bisnis, dan karena
itu sempurna sesuai kebutuhan bisnis. Ada tidak perlu untuk menyesuaikan proses bisnis untuk cocok mendeskripsi lebih generik mendukung layanan.
·BU manajer memiliki setiap aspek bisnis internal dependensi di
bawah kendali mereka langsung.
·Biaya jenis saya penyedia layanan jelas terlihat, dan di
bawah kontrol langsung manajemen BU.
SUMBER TAMBAHAN :
http://advisera.com/20000academy/blog/2014/09/02/itil-service-provider-types-type-internal-service-provider/
Kelemahan dari Internal Service Provider :
Inibagusuntuk memiliki didedikasikan personil untuk mengelola layanan pendukung
langsung di bawah kendali Anda, disesuaikan sesuai kebutuhan Anda, dan beroperasi di
bawah anggaran Anda, ketika setiap kepala unit bisnis lain melakukan hal yang
sama, perusahaan mulai menyadari besar redundansi hadir di
seluruh lanskap seluruh perusahaan.SUMBER TAMBAHAN :
http://advisera.com/20000academy/blog/2014/09/02/itil-service-provider-types-type-internal-service-provider/
* Tipe II-Shared Sevice Unit:
ini adalah di mana berbagai fungsi, dianggap sebagai non-inti bisnis,
dikelompokkan bersama menjadi unit layanan bersama perusahaan.
Fungsi-fungsi yang terlibat biasanya teknologi informasi, keuangan dan SDM,
kadang-kadang dengan manajemen hukum layanan, logistik dan fasilitas.
Manfaat dari Shared Services Unit :
SUMBER TAMBAHAN :
Manfaat dari Shared Services Unit :
Bila dibandingkan dengan jenis saya penyedia, keuntungan utama sudah disebut; mengkonsolidasikantipe Ipenyedia ke satu organisasi menghilangkan duplikasi, danbiaya operasi dikurangi dengan memberikan pelayanan umum, generik yang cocok
sebagian besar kebutuhan bisnis di seluruh organisasi.
Selain itu, Semua biaya yang didistribusikan di
seluruh perusahaan, biasanya secara proporsional untuk konsumsi, untuk BU hanya sebagian
kecil dari biaya menjalankan internal tipe I layanan penyedia.
Kelemahan
Shared Services Unit :
Sementara penyedia layanan tipe II menawarkan banyak manfaat, dalam banyak kasus, mereka tidak
bisa benar-benar memenuhi peran mereka. Salah satu kelemahan
utama dari penyedia tipe II (terutama terlihat dalam teknologi
informasi) adalah kenyataan bahwa mereka sering berakhir "beku dalam waktu."
SUMBER TAMBAHAN :
http://advisera.com/20000academy/blog/2014/09/16/itil-service-provider-types-type-2-shared-services-unit/
* Tipe III-External Service Provider :
ini adalah entitas komersial yang terpisah dari
bisnis layanan, dan beroperasi sebagai bisnis yang kompetitif di pasar.
http://advisera.com/20000academy/blog/2014/09/30/itil-service-provider-types-type-3-external-service-provider/
Manfaat External Service Provider :
Jika persaingan menggunakan penyedia layanan eksternal, menggunakan model yang sama mengurangi keuntungan mereka mungkin mendapatkan dengan melakukan hal
itu, tapi keuntungan utama akan kepemilikan aset dan risiko, yang kini di tangan penyedia layanan.
Sebagai contoh, jika perusahaan Anda memutuskan untuk melakukanoutsourcing layanan desktop
yang dikelola yang sering merupakan bagian yang paling mahal layanan tersebut, Anda tidak lagi memiliki sejumlah besar nilai moneter yang terkunci ke
dalam peralatan dan perangkat lunak yang harus dikelola
dan dikembangkan, dan kehilangan nilai dari waktu ke waktu.
Kelemahan External Service Provider :
1. Semuanya SSU harus membeli untuk menyediakan layanan harus dibeli oleh penyedia layanan eksternal juga. Namun, dengan menghabiskan sejumlah besar uang sekaligus peralatan diperlukan, penyedia
layanan eksternal harus memperlakukan yangmembeli sebagai pinjaman, karena uang tidak
akan kembali dalam jumlah yang wajar waktu. Setiap pinjaman membawa risiko, dan risiko memiliki dampak pada keseluruhan Layanan harga.
2.Di atas biaya peralatan, penyedia
layanan eksternal juga memiliki personil yang akan mempertahankan, mengelola dan mengoperasikan peralatan itu. Secara umum, penyedia layanan karyawan memiliki gaji yang lebih
baik daripada rekan-rekan mereka yang bekerja di non-perusahaan IT.
3.Seperti dalam perusahaan lain, penyedia
layanan eksternal memiliki HR, pemasaran, pembelian, keuangan, penjualan, manajemen dan departemen lain pendukung, yang semuanya berkontribusi umum overhead, dan memiliki dampak signifikan padaharga layanan.
4.Kami
telah disebutkan sebelum bagaimana risiko dalam penyampaian layanan
akan ditransfer ke penyedia layanan eksternal. Yah, risiko tersebut belum dapat menghilang; mereka ditransferdari organisasi Anda ke penyedia eksternal. Dan semua risikobiaya uang, yang lagi berkontribusi harga layanan.
5.Penyedia jasa external adalah bisnis, yang berarti mereka harus menjadi menguntungkan agar tetap dalam bisnis. Keuntungan berasal dari pengisian Anda untuk layanan yang disediakan – biaya sedikit lebih mendasar.
SUMBER TAMBAHAN :
SUMBER UTAMA : http://dia_ragasari.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/47170/Buku+-+ITServiceManagement.pdf
:) salam dari kampus yang dekat dari gunadarma dan terimakasih informasinya
BalasHapus