OPEN
OFFICE BASE
Pengertian
Base adalah sebuah program yang bekerja pada lingkungan
basis data pada Office Base. Dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan anda
dapat dengan cepat dan mudah bekerja pada lingkungan basis data, selain itu
anda juga dapat menggunakan Base untuk membuat file tabel, mendefinisikan
field, mengisi record, serta untuk membuat file basis data dan menyimpan file
basis data.
Pada jendela desain wizzard terdapat dua sub
menu, yaitu :
1. Select database, yang digunakan untuk
menyeleksi basis data.
2. Save and proceed, yang digunakan untuk
memproses dan menyimpan basis data.
Jika memilih
select database, maka dapat dilakukan tiga hal, yakni :
- Create a new database (Membuat sebuah basis
data yang baru)
- Open an
existing database file (Membuka sebuah basis data yang lama)
- Connect to an existing database (Koneksi
pada sebuah basis data terpusat) Jendela desain wizzard ditampilkan seperti
dibawah ini :
Mengenal
Basis Data Pada Base
Basis data dibangun dari sekumpulan tabel-tabel
yang mempunyai relasi. Tabel terdiri dari beberapa record yang disimpan pada
file basis data yang bersangkutan. Field adalah tempat yang disediakan untuk
record basis data. Sedangkan Record adalah data yang disimpan pada file basis
data. Kumpulan record membentuk tabel basis data. Tabel merupakan kumpulan
record yang disimpan pada suatu file tabel basis data.
Pengertian
Tabel Base
Tabel Open
Office Base adalah sebuah program yang akan membantu anda bekerja menggunakan
tabel pada lingkungan basis data. Dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan
anda dapat dengan cepat dan mudah bekerja pada lingkungan basis data, selain
itu anda juga dapat menggunakan Tabel Base untuk membuat setting field,
mendeskripsikan field, mengisi field, mengedit field, mengisi record, mengedit
record, serta untuk membuat file tabel basis data dan menyimpan file tabel
basis data.
Pada tampilan
utama tabel base terdapat tiga menu utama, yaitu :
1. Create Table in Design View Digunakan untuk
membuat tabel berdasarkan spesifikasi field dan propertinya oleh user pada file
DDL (Data Definition Language) & DSL (Data Structure Language).
2. Use Wizard to Create Table Digunakan
untuk membuat tabel berdasarkan spesifikasi yang sudah ditentukan dalam program
template, misalnya template untuk bisnis, employee, dan sebagainya.
3. Create View Digunakan untuk membuat
tabel dan menentukan record yang akan ditampilkan. Tampilan Tabel Base adalah :
Tabel Merupakan
kumpulan record yang disimpan pada suatu file tabel Basis data. Tabel-tabel memiliki
hubungan relasi berdasarkan matematika dan logika. Tabel beserta dengan
query-nya disimpan bersama pada file harus data project.
Gambar Tampilan Utama Open Office Base
atau Database
Selanjutnya saya akan menjelaskan cara membuat databases pada OpenOffice.org Base, adapun langka-langkanya sbb :
1. Untuk membuat database hal utama
yang harus kita lakukan adalah menginstal Java Runtime Environment (JRE).
Adapun
cara menginstal JRE adalah sbb :
·
Pasang Sun Java JRE (1.5 atau 1.6 atau versi yang
lebih baru).
·
Set JRE terpasang dari OpenOffice.org lewat
menu [Tools | Options | Java].
·
Set classpath ke driver JDBC database yang akan diakses dari menu yang
sama.
·
OOo Base sudah siap digunakan untuk mengakses berbagai database.
2. Setelah JRE teinstal
kalian buka open office database .
3. Pada tampilan
database wizard pilih finish untuk membuat database baru
4. Kemudian pilih
tempat penyimpanan databases yang kalian inginkan dan buat nama database yang
kalian inginkan pada file.name serta pada bagian save as type gunakan ODF
Database,Klik save maka maka database kalian berhasil dibuat.
5. Setelah
database kalian berhasil dibuat kalian bisa membuat table .
Membuat Tabel
1.
Untuk
membuat table,pada bagian database klik tables,Kemudian pada bagian tasks pilih
create table in design view , Maka akan tampil tampilan table
design,setelah itu kalian bisa memasukkan isi field dengan record yang ingin
kalian masukkan.
2.
Setelah
selesai mengisi field kalian klik save dan masukkan nama table yang anda
buat,klik ok.
Menginput Data
1. Setelah table berhasil dibuat kalian
bisa mengisi record dengan cara mengklik table yang baru anda pada bagian
tables.
2. Setelah itu maka akan muncul
tampilan table data view dan kalian bisa memasukkan isi record sesuai keinginan
kalian , setelah selesai mengisi record seperti biasa kalian save maka isi
record akan tersimpan pada table yang telah kalian buat.
3. Setelah semuanya selesai maka kalian
berhasil membuat database,table beserta isinya.
Mengedit Data
Untuk mengedit data, tempatkan pointer mouse pada field data yang akan di
edit dan lakukan editing sesuai kebutuhan.
Untuk menghapus data :
1.
Klik mouse kanan pada bagian
berwarna abu dari baris data.
2.
Dari menu melayang pilih
delete rows
3.
Selesai..
Pada tampilan
tersebut, ketikkan field pada bagian field name dan pilih field type. Kemudian
anda dapat menentukan primary key yang berguna pada saat menampilkan record
hasil pencarian (searching), pengurutan (sorting), dan berbagai operasi query
lainnya. Dengan memilih primary key, proses pencarian, pengurutan dan proses
penampilan data dan lainnya berlangsung lebih cepat. Menentukan primary key
dilakukan dengan cara :
1. Arahkan kursor pada baris field
utama.
2. Tekan mouse kanan, selanjutnya pilihlah
primary key
Kemudian field table tersebut di simpan
dengan menggunakan icon
, maka akan muncul kotak dialog Save As :
Mengisi Record Tabel Base
Pengisian record
dapat dilakukan dengan cara membuka database yang telah dibuat sebelumnya lalu
pilih table yang ingin dilakukan pengisian record. Maka, akan muncul tampilan
pengisian record seperti dibawah ini :
Jika anda ingin
melakukan pengeditan record dari table yang telah anda buat, maka dapat
menggunakan icon
.
Mengurutkan
Data
·
Ascending
Yaitu proses mengurutkan data dari data
yang terendah ke data yang tertinggi. Misalnya data dari A sampai dengan z,
atau data dari 1 sampai dengan 9
Untuk mengerjakannya langkah yang
dilakukan adalah,
- Lakukan
pemilihan data dengan cara blok tabel pada seluruh data dari A3 sampai D7.
- Klik
menu data → Pilih Sort.
- Pada
sort By pilih kolomnya.
- Pilih
Accending.
- Klik
OK.
Cara cepat mengurutkan data adalah
dengan menggunakan icon Ascending dan icon Descending pada toolbar standard.
·
Descending
Descending, yaitu proses mengurutkan data
dari data yang tertinggi hingga data yang terendah. Misalnya data dari Z sampai
dengan A, atau data dari 9 sampai dengan 1 atau proses pengurutan data secara
menurun yang akan mengurutkan data dari yang nilainya paling besar sampai data
yang nilainya paling kecil.
Untuk mengerjakannya langkah yang dilakukan adalah:
Untuk mengerjakannya langkah yang dilakukan adalah:
- Lakukan
pemilihan data dengan cara blok tabel pada seluruh data dari A3 sampai D7.
- Klik
menu data → Pilih Sort.
- Pada
sort By pilih kolomnya
- Pilih
Descending.
- Klik
OK.
Pengenalan
Query Base
Query Open
Office Base adalah sebuah program yang membantu anda bekerja menggunakan query
pada lingkungan basis data. Dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan anda
dapat dengan cepat dan mudah bekerja pada lingkungan basis data, selain itu
anda juga dapat menggunakan icon.
menggunakan
Query Base untuk membuat query, mengedit query dengan menggunakan Designer,
mengedit query dengan menggunakan Wizzard, mengedit query dengan menggunakan
SQL Designer.
Pada tampilan utama query base, terdapat
tiga menu yaitu :
1. Create Query in Design View Digunakan
untuk membuat Query berdasarkan spesifikasi user.
2. Use Wizzard to Create Query Digunakan untuk
membuat query berdasarkan spesifikasi yang sudah ditentukan dalam program
template.
3. Create Query in SQL View Digunakan untuk
membuat query dan menentukan record yang akan ditampilkan menggunakan perintah
query secara langsung.
Membuat Query
Base Pembuatan Query Base dapat dilakukan dengan cara dibawah ini : Pada tabel
yang telah Anda buat sebelumnya, anda akan melakukan pengurutan atau sort
secara ascending, maka :
1.
Pilih
area field yang dimaksud sehingga submenu Sort akan tampil
2. Pilih satu operasi misalkan Sort I
Ascending.
3. Record akan ditampilkan secara menaik.
4. Query Base disimpan bersama file tabel
databasenya dari menu utama dengan memilih submenu utama Steps I Save and
Proceed.
Menambah Query
Base Menggunakan Designer
Setelah Membuka File Tabel Database yang lama, anda dapat menambahkan
Query dengan menggunakan Designer. Anda dapat mulai menambahkan query dengan
cara :
1. Memilih menu icon Queries.
2. Pilih menu Tasks I Create Query in
Design View.
3. Selanjutnya, lakukan penambahan query
pada tabel 1 menggunakan operasi join dengan
tabel 2, yang dilakukan menggunakan Add Tables.
4. Setelah itu tekanlah tombol Add. 1.
Pada akhirnya Query Base disimpan bersama file tabel databasenya dari menu
utama
dengan memilih submenu utama Steps I Save and Proceed Tampilan secara
keseluruhan adalah seperti berikut ini
Mengedit Query
Base dengan Designer
Langkah-langkah yang harus dilakukan
ketika anda ingin mengedit Query base adalah :
1. Menambahkan
query pada tabel 1 dengan menggunakan Add Tables untuk operasi join dengan
tabel 2 .
2. Lalu tekanlah
tombol Close, dan editlah pada area field record.
3. Simpan Query Base bersama file tabel
databasenya dari menu utama dengan memilih submenu utama Steps I Save and
Proceed.
4.Simpan bersama
file tabel databasenya dari menu utama dengan memilih submenu utama Steps
I Save and Proceed.
5. Save pada setname atau langkah ke
delapan. Kemudian klik finish.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar